Nggak Sulit, Ini Cara Membuat Taman Idaman Sendiri

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Saat melihat taman yang indah, pasti terbersit keinginan untuk memiliki taman yang sama indahnya di rumah kita.

Tetapi pernahkah membayangkan bagaimana proses dalam membuat taman itu? Jika kita ingin menggunakan jasa tukang taman, apa saja yang harus kita lakukan selain nego harga pembuatan taman?

Ada baiknya kita juga mengetahui apa saja yang harus kita persiapkan saat ingin membuat taman di rumah ataupun property kita, selain menyiapkan anggaran biaya tentunya.

Siapkan Jenis Taman yang Kita Inginkan

Ada baiknya kita sudah memahami terlebih dahulu, taman seperti apa yang kita mau buat untuk rumah kita.

Anda awam dengan beragam tipe taman? Jangan kuatir, sekarang sudah banyak cara untuk mencari referensi taman yang Anda inginkan. Sosial media seperti instagram, pinterest maupun facebook bisa menjadi tempat mencari rekomendasi gambar taman yang kita sukai.
Selain itu mesin pencari google atau safari juga bisa digunakan.

Diskusikan dengan Tukang Taman atau Arsitek Lanskap

Setelah mendapatkan gambar atau foto taman yang kita sukai, diskusikan dengan tukang taman atau arsitek lanskap mengenai kemungkinan bisa tidaknya jenis taman itu diterapkan di rumah atau property kita.

Seorang arsitek lanskap akan memberitahukan detail biaya dari jenis taman seperti yang kita mau, juga modifikasi yang diperlukan jika ada hal yang harus diubah dari foto taman yang kita berikan.

Site Survei atau Survei Lahan

Arsitek Lanskap atau tukang taman memerlukan survey kesesuaian lahan sebelum memutuskan desain apa yang bagus untuk rumah kita.

Buatlah janji survey supaya Arsitek Lanskap atau tukang taman bisa cepat memberikan analisa terhadap taman yang Anda inginkan.
Ada baiknya kirimkan foto atau video sebagai pengenalan awal terhadap lahan dimana rencana taman akan dibuat.

Pelajari Proposal dan Anggaran Biaya

Pelajari dengan seksama harga dan proposal desain dari tukang taman atau arsitek lanskap yang diberikan.

Pada umumnya, Arsitek Lanskap memberikan kesempatan untuk revisi desain sebanyak 1-2 kali. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan desain yang benar-benar Anda inginkan.

Ada dua macam biaya yang bisa dijadikan patokan dalam proses negoisasi harga. Yaitu :

  1. Sistem borongan, disini tukang taman atau Arsitek Lanskap tidak memberikan detail harga setiap bahan tetapi harga yang timbul adalah harga lumpsum total keseluruhan biaya yang diperlukan dalam membuat taman.
  2. Sistem harga, disini terlihat detail setiap harga bahan termasuk upah pengerjaan sehingga Anda bisa menegoisasikan harga per-bahan nya, dengan mengurangi jumlah tanaman atau mengganti dengan tanaman lain yang memiliki harga lebih murah.
  3. Sistem upah, tukang taman atau Arsitek Lanskap akan memberikan harga bahan dengan upah pengerjaan terpisah. Disini Anda bisa belanja bahan sendiri dengan membayar upah pengerjaan kepada tukang taman. Atau menyerahkan pembelanjaan kepada tukang taman dengan sistem setor nota.

Tentukan Timeline Pengerjaan Taman

Jika sudah timbul kesepakatan dengan tukang taman atau Arsitek Lanskap mengenai harga pembuatan taman, maka saatnya untuk menentukan waktu pengerjaan.

Berapa hari? Dikerjakan pagi, siang, atau sore? Sudah bersih kah area dari pekerjaan sipil lainnya? Dimana letak sumber air untuk penyiraman setelah penanaman?
Hal-hal ini yang harus diperhatikan saat menentukan waktu pengerjaan taman.

Ajukan Garansi Taman

Tidak semua tukang taman memberikan garansi tanaman ataupun garansi perawatan setelah selesai mengerjakan taman.

Ajukan permintaan adanya garansi untuk menjamin taman tetap cantik setelah selesai pengerjaan. Berapa lama garansi yang diperlukan, tergantung dari luas dan nominal harga taman.
Tapi pada umumnya, garansi diberikan 1 bulan setelah tanam untuk taman skala kecil. Dan jika garansi yang diberikan melebihi 1 bulan, maka akan timbul harga lain untuk masa garansi perawatan (maintenance warranty) selama minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan.

Garansi tanaman bisa meliputi pengecekan teratur kondisi tanaman secara mingguan, pemupukan, atau bahkan perawatan tanaman secara penuh untuk garansi perawatan 3 – 6 bulan.

Jadi, sudah tidak bingung lagi kan dengan persiapan membuat taman yang cantik untuk rumah kita?

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Desain Taman

Nggak Sulit, Ini Cara Membuat Taman Idaman Sendiri

Saat melihat taman yang indah, pasti terbersit keinginan untuk memiliki taman yang sama indahnya di rumah kita. Tetapi pernahkah membayangkan bagaimana proses dalam membuat taman

Tunggu Apa Lagi ?

Segera hubungi kami dengan mengeklik tombol dibawah ini